ads

Sunday, July 15, 2012

Perjalanan 2 Hari Mahasiswa D4 ITB, SEAMOLEC Batch 6 Tahun 2012



Assalamualaikum Wr. Wb.


Hari Kamis tanggal 12 Juli 2012 dimana mahasiswa D4 ITB-SEAMOLEC Batch 6 harus ke SEAMOLEC yang berada di Jl.Pondok Cabe Raya Tanggerang Selatan. Ketika itu waktu masih menunjukan pukul 05.00 WIB dan cahaya matahari pun belum menunjukan cahaya meganya. Aku bangun dari tempat tidurku dan bergegas membersihkan diri dan mengambil air wudhu untuk menunaikan ibadah shalat shubuh, setelah memanjatkan doa, aku melanjutkan packing barang-barang yang akan dibawa hari ini seperti celana training dan kaos untuk mengikuti Outbound.


Pukul 08.00 WIB aku mulai bersiap untuk pergi, tidak lupa aku mohon izin dan doa restu dari kedua orang tua agar semuanya berjalan lancar Amiiin......, Kemudian aku diantar ade ke depan gerbang Bumi Telukjambe (BTJ) untuk menunggu bus yang arah ke Terminal Rambutan, setelah menunggu beberapa menit, bus yang arah rambutan sudah datang dan aku pun naik kemudian duduk di bus yang akan mengantarkan perjalananku.

Waktu Menunjukan Pukul 09.00 WIB waktu sudah berlalu 1 jam dalam perjalanan menuju Kp. Rambutan akhirnya sampai juga. Setelah turun dari bus aku langsung mencari mini bus yang menuju ke ciputat dan naik, kemudian berhenti di daerah lebak bulus. Untuk melanjutkan perjalanan saya naik lagi angkutan Umum yang bernomor D.15 arah Pamulang. Setelah beberapa menit barulah sampe di pondok cabe raya kemudian mencari kostan yang dekat Universtas Terbuka (UT) dimana kostan itu sudah ada 2 orang teman yang menempati yaitu dani dan temannya.  

Hari ini juga hari pertama OutBound di Seamolec Pondok Cabe yang akan dimulai pukul 13.00 WIB. Kemudian Kami bergegas ke tempat tersebut yaitu Gedung SEAMOLEC setelah sampai disana kami disuruh makan siang dulu kemudian langsung keruangan untuk memulai acara outboundnya. Dengan diawali pembukaan oleh bapak wakil dari direktur SEAMOLEC, pembimbing kami dan Dr. Stenly Surlia M,Psi. Banyak kegiatan dan motivasi yang diberikan oleh beliau yang membuat kami semakin menyadari bahwa kita ada sebagai bagian masyarakat. 

Kemudian kami diberikan perintah untuk membentuk empat kelompok regu. Matahari, Kuda, Harimau, Kerbau. Aku masuk regu Harimau Kegiatan pertama kami adalah kuis seperti pertanyaan dan yel yel regu dan kemudian kegiatan selanjutnya kami disuruh berwirausaha yaitu menjual pulpen biasa, yang dapat kita temukan ditoko dengan harga Rp. 1000,00 – Rp. 2000,00 satunya. Dengan menjual pulpen seharga itu sih biasa. Tapi kami ditantang oleh beliau untuk menjual pulpen itu dengan harga Rp. 500.000,-/pcs dan itu adalah harga yang mustahil. Dengan diberi waktu hanya 45 menit, saya berserta kelompok, dan kelompok lain bergegas menjual pulpen itu di luar kampus.

Saya dan kelompok memecah menjadi tiga kelompok lagi. Dan kami berpencar menawarkan pulpen yang kami miliki seharga Rp. 1000,- itu. Pada penawaran pertama kami mendapatkan seorang bapak yang membeli pulpen itu dengan harga Rp. 10.000,- sungguh tidak sangka, meski jauh dari target tapi kami benar – benar tidak percaya, bahwa sebuah pulpen yang harga Rp. 1000,- bisa menjadi Rp. 10.000,-. Jujurnya awalnya kami pesimis “ah gila aja, pulpen kayak begini aja Rp.500.000,-“ itu yang kami fikirkan terlebihnya saya, tapi semua berubah percaya tidak percaya teman saya mendapatkan pembeli dengan harga Rp. 100.000,-/pulpen jujur saja kami sangat terkagum, dan tidak percaya, tapi ini nyata. 

Dan kami pun kembali ke ruangan. Kami menghitung pendapatan keseluruhan dengan total bersih Rp. 1 juta lebih sangat fantastis, dan hampir mustahil dari sebuah pulpen. Kami pun dibuat oleh harga itu menjadi tidak sangat percaya. Tapi itu lah buktinya, itulah kenyataanya. Luar biasa. Intinya adalah kita harus percaya, dengan niat baik dan tingkah yang benar, kita dapat menjadi wirausahawan yang sukses, dan tentu disertai rasa sabar. Benar perkataan Dr. Stenly Surlia M,Psi mungkin kalau berdiam diri diruangan uang segitu didatang dengan sendiri.

Kemudian kegiatan selanjutnya makan dan Api Unggun tetapi ada masalah malam tersebut hujan jadi kami menunggu hujan sampai berhenti sampai jam 21.00 WIB dan kemudian menyalan api unggun sambil bermain.

Hari Jumat tanggal 13 Juli 2012 dimana hari kedua outbund harus kumpul jam 06.30 WIB ternyata ada yang terlambat datang dan dihukum. Selanjutnya kami pun ke kegiatan Game outbound dan dibagi peregu. Permainan pertama yang kami coba adalah Keleleng yang digulirkan dengan bambu ke pipa kecil. Dimana dari game ini bisa di ambil maka bahwa setiap orang harus bertanggung jawab terhadap pekerjaannya masing-masing. Permainan kedua kami adalah Spider dimana disini dituntut untuk saling percaya dengan anggota kami dan pemimpin pun disini sangat berperan besar. Permainan ketiga adalah lupa namanya heheh merangkat ditanah dengan tali pembatas yang contoh pertama adalah saya, saat sudah mulai permainan saya pun kelelahan karena percontohan tersebut. Dari game ini bisa diambil maka bahwa di setiap pekerjaan ada batas/ aturan yang tidak boleh dilanggar. Dan untuk permainan terakhir adalah Menembus waktu hehe disini saya sudah hafal permainannya. Dimana permainan ke empat ini dituntut Fokus dan mematuhi aturan mana yang boleh dilanggar atau dilewati ternyata masih ada 3 permainan lagi yaitu mengisi Pipa dengan air dimana didalamnya ada bola yang harus sampai ke atas/ ujung pipa dan 2 game lainnya. Setelah selesai game kami pun disuruh ke gedung SEAMOLEC untuk istirahat dan untuk laki-laki Shalat Jumat. Saat sesampainya di gedung kami dikejutkan dengan beberapa tumpukan Buku yang harus dijual habis sebelum outbound ditutup.

Kami pun pulang ke kostan masing-masing membersihkan diri dan Shalat Jumat untuk laki-laki. Jam 13.00 WIB kami pun berkumpul kembali sambil berjualan buku yang tadi dikasih dimana kami menjual 4 buah buku dengan harga yang lumayan yaitu Rp.70.000,- dimana salah satu pembeli itu meminta garansi agar bisa dibeli teman-teman menunjuk saya agar memberikan email saya ke bapak yang meminta garasi tersebut. hehe saya jadi tumbal tapi tidak apa-apa yang terpenting buku terjual. Kemudian kami dan regu yang lain berkumpul lagi di Gedung SEAMOLEC untuk penutupan dan pengumuman hasil Permainan Outbound regu Kami mendapatkan juara ke Tiga yang dimana hadiahnya Makanan Makaroni dan penutupan selesai dengan ditutup Oleh Dr. Stenly Surlia M,Psi dengan menyanyikan lagu perpisahan dan berjabat tangan.

Dari Kegiatan tersebut sangat bermanfaat buat saya dan juga menambah pengalaman buat saya.
Terima Kasih Semuanya teman-teman dan pembimbing SEAMOLEC.

Wassalamulaikum. Wr. Wb.


No comments:

Post a Comment