SOAL
-1
Terdapat 2 model pembelajaran pendidikan tatap
muka dan pendidikan jarak jauh.
Tentunya
kedua model tersebut memiliki beberapa
perbedaan.
Jelaskan
perbedaannya dari sisi:
1. Pengajar
(guru/Dosen)2. Peserta didik (siswa/mahasiswa)
3. Bahan ajar yang digunakan
SOAL-2
Peranan
media pembelajaran sangat menentukan keberhasilan pelaksanaan proses
pembelajaran model PJJ.
Apa
sajakah kriteria yang dibutuhkan dari sebuah media pembelajaran agar dapat
memenuhi kebutuhan proses belajar mengajar dalam PJJ
SOAL-3
Memalui
permendikbud n0.24, pjj telah diberikan ruang dan payung hukum untuk
dikembangkan
Jelaskanlah
apa saja yang menjadi faktor pendukung maupun kendala perkembanngan pJJ di
indonesian.
SOAL
-1
1. Pengajar
Guru/ Dosen)
PTM : untuk pembelajaran
pendidikan ini guru/dosen bisa mengawasi siswa/ mahasiswa yang sedang melakukan
pembelajaran. Untuk pembelajaran ini terbatas waktu dan tempat, Tidak Semua
Materi dapat disampaikan secara tertulis, interaksi dengan siswa/mahasisaw
sedikit.
PJJ : Pembelajaran ini dilakukan tanpa dihadiri oleh
guru/dosen/pengajar, guru/dosen dapat mengawasi pembelajaran dimana saja, kapan
saja dan oleh siapa saja dan dengan siapa saja, untuk pembuatan materi atau
bahan pembelajaran waktunya terjadwal,.Insteraksi
Siswa/ Mahasiswa lebih banyak.
2.
Peserta Didik (Siswa/ Mahasiswa)
PTM : Siswa/ Mahasiswa ada
pembimbingnya jadi bisa langsung bertanya, interaksi dengan Guru/Dosen
terbatas.
PJJ : belajar mandiri (tidak didampingi secara langsung) dapat
dilakukan secara kelompok, pembelajaran dapat dilakukan oleh siswa/mahasiswa
kapan saja, dimana saja tanpa terikat tempat dan waktu pembelajarannya, siswa/
mahasiswa mungkin bisa percaya diri tentang adanya pertanyaan/ soal yang sulit
dimengerti tanpa takut salah oleh Guru/Dosen, interaksi dengan Guru/Dosen lebih
tidak terbatas.
3. Bahan
Ajar yang digunakan.
PTM : Media Elektronik/ Cetak (CD, Papan Tulis, Proyektor)PJJ : Media Elektronik/ Cetak, Pemanfaatan Internet, tidak semua perangkat dapat digunakan.
SOAL
2
Ada
beberapa kriteria yang dibutuhkan dari sebuah media pembelajaran agar dapat
memenuhi kebutuhan proses belajar mengajar yang dikenal dengan istilah ACTIONS,
yaitu:
- Access
(aksesibilitas) : adanya kemudahan dalam pengaksesan terhadap media
pemebelajaran.- Biaya : Murah atau tidaknya pendidikan PJJ tergantung dari media yang digunakan dan berapa jumlah pesertanya.
- Teaching and Learning : Sejauh mana media dapat membantu dalam proses belajar mengajar dalam PJJ.
- Interactivity : bisa berkomunikasi dua arah dengan media elektronik seperti tutorial dll.
- Organisational Issues : Media yang dijadikan PJJ harus ada dukungan dari semua unsur yang ada di organisasi.
- Novelty : Media yang bisa membuat peserta menjadi termotivasi untuk belajar
- Speed : Kecepatan dalam menyampaikan informasi pembelajaran.
SOAL
3
Faktor
Kendala Perkembangan PJJ :
1. Budaya
: Masih Sulit merubah kebiasaan belajar.2. Investasi :
3. Inftrastruktur :
4. Materi : Tidak semua materi dapat disampaikan
5. Teknologi : Tidak semua perangkat dapa digunakan
No comments:
Post a Comment