MATERI PKK-12-3 (28 Januari 2021) Media Promosi
Media Promosi
A. Tujuan Pembelajaran
Tujuan
Pembelajaran Aspek Pengetahuan
1.
Melalui kegiatan mengamati,membaca dan
mengkaji literatur peserta didik dapat mengklasifikasikan jenis-jenis media
promosi produk dengan baik dan benar
2.
Melalui kegiatan mengamati, menanya dan
mengasosiasi peserta didik dapat memilih
jenis-jenis media promosi yang sesuai dengan produk dengan
tepat dan cermat
3.
Melalui kegiatan membaca dan mengasosiasikan peserta
didik dapat menentukan strategi
promosi berdasarkan segmentasi pasar produk dengan tepat dan benar
4.
Melalui kegiatan
mengamati, menanya dan mengasosiasi peserta didik dapat menentukan media
promosi yang efektif dan efisien sesuai produk dengan tepat dan cermat
Tujuan
Pembelajaran Aspek Keterampilan
1.
Melalui kegiatan mengamati,menanya dan
mengasosiasikan peserta didik dapat merancang desain
media promosi produk dengan baik dan teliti
2. Melalui kegiatan mengamati, menanya dan mengasosiasi peserta didik dapat membuat media promosi yang efektif dan efisien sesuai produk dengan cermat dan baik
A. Materi Pembelajaran
1)
Promosi
Promosi merupakan
kegiatan yang dilakukan perusahaan dalam rangka mengenalkan produknya kepada
konsumen agar konsumen mengetahui, mengenal, tertarik dan mau untuk membeli
produk yang ditawarkan dan selanjutnya diharapakan konsumen mau dan mampu
merekomendasikan kepada orang lain sehingga orang lain mau membeli produk yang
ditawarkan tersebut. Menurut Wikipedia Indonesia, pengertian promosi adalah upaya untuk memberitahukan atau
menawarkan produk atau jasa pada dengan tujuan menarik calon konsumen untuk
membeli atau mengkonsumsinya. Dengan adanya promosi, produsen atau distributor
mengharapkan kenaikannya angka penjualan. Michael Ray
mendefinisikan promosi sebagai koordinasi dari seluruh upaya yang dimulai pihak
penjual untuk membangun berbagai saluran informasi dan persuasi untuk menjual
barang dan jasa atau memperkenalkan suatu gagasan. Sedangkan Boone
dan Kurtz mendefinisikan promosi sebagai proses menginformasikan, membujuk, dan
mempengaruhi suatu keputusan pembelian
Kegiatan promosi harus dilakukan secara
terus-menerus dan berubah-ubah sesuai dengan perkembangan dan kemauan konsumen.
Apalagi dengan adanya perubahan
orientasi pemasaran. Dulu orientasi
pemasaran adalah produk dimana perusahaan membuat produk lalu mencari siapa
pasarnya sedangkan sekarang orientasinya adalah konsumen artinya perusahaan
mencari pasarnya lalu menentukan produknya. Belum lagi dengan perkembangan
teknologi yang memunculkan konektivitas digital , mau tidak mau harus dihadapi oleh perusahaan
jika tidak ingin tertinggal atau mungkin mati secara perlahan. Perkembangan teknologi
telah mengubah pola konsumen dalam memproses pengambilan keputusan untuk
membeli produk. Perjalanan konsumen untuk membeli produk atau jasa ( jalur
konsumen) mengalami perubahan seiring dengan perkembangan teknologi. Perubahan
tersebut diantaranya :
a.
Dalam dunia yang
terhubung (konektivitas digital) daya
tarik awal sebuah merek atau produk dipengaruhi oleh masyarakat atau komunitas
yang ada di sekeliling konsumen baik offline maupun online. Interaksi yang terjadi di media sosial
berperan penting dalam mempengaruhi keputusan konsumen untuk membeli sebuah
produk
b.
Kesetiaan seorang
konsumen biasanya diwujudkan dalam bentuk pembelian ulang produk. Dalam era
perkembangan teknologi dimana semua serba terhubung maka kesetiaan konsumen
memiliki wujud yang lain. Tidak hanya membeli ulang tetapi mereka juga memiliki
keinginan untuk mendukung suatu merek dengan
cara merekomendasikan merek atau prosuk kita kepada orang lain dimana
dengan teknologi akan memberikan efek promosi produk yang cepat dan luas kepada
konsumen yang baru. Tanpa diminta konsumen akan mempromosikan produk kita.
c.
Efek domino rekomendasi
produk dari konsumen setia kita kepada orang lain dengan menggunakan teknologi
lewat interaksi di media sosial tidak hanya mendatangkan keuntungan yang
positif tetapi juga akan memberikan kerugian yang besar jika produk tidak
sesuai dengan yang diharapkan. Oleh karena itu perusahaan harus konsisten dalam
menjaga kuaitas produk dan layanannya.
Tujuan akhir yang harus
dicapai perusahaan dari kegiatan promosi adalah dapat mempengaruhi perilaku
konsumen sehingga konsumen mau membeli produk yang ditawarkan perusahaan. Jika
perkembangan teknologi memberikan pengaruh kepada perilaku konsumen ,itu
berarti mau tidak mau perkembangan teknologi harus dimanfaatkan oleh perusahaan
dalam merancang kegiatan promosinya agar lebih tepat sasaran dan memenuhi
target yang telah ditentukan.
Tujuan promosi diantaranya
:
a.
Menyebarluaskan informasi
suatu produk kepada calon konsumen yang potensial
b.
Mendapatkan konsumen baru
dan untuk menjaga loyalitas konsumen tersebut
c.
Menaikkan penjualan serta
keuntungan
d.
Membedakan produk dengan
pesaing
e.
Membentuk citra produk di
mata konsumen sesuai dengan yang diinginkan
f.
Merubah perilaku konsumen
dan pendapat konsumen tentang produk
Berdasarkan uraian di
atas dapat disimpulkan bahwa inti dari promosi adalah komunikasi yaitu proses
penyampaian pesan dari perusahaan kepada konsumen dengan menggunakan media.
Secara umum proses yang dilakukan adalah sebagai berikut:
1.
Iklan
(advertising)
Iklan adalah proses
pengiriman pesan dalam bentuk non personal tentang produk atau jasa tertentu
melalui media atau saluran publik yang dibayar oleh sponsor. Maksud non
personal di sini adalah iklan melibatkan media massa yang dapat mengirimkan
pesan kepada sejumlah besar kelompok individu pada saat bersamaan dan tidak
tersedia kesempatan untuk mendapatkan umpan balik yang segera dari penerima
pesan. Media yang dapat digunakan sebagai sarana iklan yaitu:
·
Televisi
·
Radio
·
Majalah
·
Surat kabar
·
Bisokop
·
Internet
·
Outdoor Advertising
2.
Promosi Penjualan
(sales promotion)
Merupakan kegiatan
promosi yang didesain untuk mengakselerasi respons konsumen atau proses keputusan
membeli produk dengan memberikan nilai tambah. Tujuannya adalah mendorong
konsumen untuk membeli produk karena adanya promosi dengan batas waktu
tertentu. Kegiatan promosi penjualan biasanya dilakukan pada tingkat retail
(berhubungan langsung dengan konsumen akhir). Untuk mendorong hasrat konsumen
diberikan promosi insentif diantaranya adalah:
·
Kupon
·
Sampel
·
Potongan harga dan jaminan uang kembali dengan syarat
tertentu
·
Undian berhadiah
·
Permainan, kontes
3.
Hubungan
Masyarakat (Public Relation)
The British Institute of
Public Relations mendefinisikan humas
sebagai suatu upaya untuk
membangun dan mempertahankan saling pengertian antara organisasi dan
publiknya. Sedangkan Scott Cutlip dan rekanya dalam bukunya Effective Public Relations endefinisikan
humas sebagai usaha terencana untuk mempengaruhi pandangan melalui karakter
yang baik serta tindakan yang bertanggungjawab, didasarkan atas komunikasi dua
arah yang saling memuaskan. Publik Relation bertugas mengelola merek perusahaan dan menjaga reputasi
perusahaan agar tetap baik di mata konsumen pada masa yang akan datang.
Orientasi dan aktivitas public Relation perlu disesuaikan dengan siklus hidup
perusahaan yaitu startup (baru
dibangun), growth (sudah berkembang),
maturity (sudah mapan dan stabil) dan
decline (sudah mengalami penurunan).
Contoh aktivitas publikasi masyarakat diantaranya:
·
Presentasi
·
Penerangan/uraian yang
ringkas
·
Eksibisi
·
sponsorship
4.
Penjualan
Personal (Personal selling)
Adalah bentuk komunikasi
langsung antara seorang penjual dengan calon pembelinya (person to person
communication. Penjualan personal melibatkan kontak langsung antara penjual dan
pembeli yang memungkinkan terjadinya umpan balik secara langsung dan lebih
cepat karena dampak dari presentasi penjualan yang dilakukan dapat dinilai dari
reaksi calon pembeli. Penjualan personal dapat juga ditujukan kepada calon
pembeli yang dinilai paling potensial dan paling prospektif untuk menjadi
pelanggan di masa depan.
5.
Publisitas
(Publicity)
Merupakan kegiatan
menempatkan berita mengenai seseorang, organisasi atau perusahaan di media massa. Tujuannya agar kegiatan yang dilakukan
perusahaan atau organisasi diberitakan
oleh media massa. Ada peran serta humas di sini karena media massa mendapatkan
informasi mengenai organisasi atau perusahaan tersebut dari humas. Humas
biasanya mengirimkan informasi kepada media massa dalam bentuk siaran pers,
suatu cerita yang dilengkapi foto yang dilengkapi dengan informasi lengkap
mengenai perusahaan. Publikasi sifatnya satu arah sedangkan hubungan masyarakat
sifatnya dua arah. Berikut contoh publikasi :
·
Berita mengenai
peningkatan laba suatu perusahaan pada halaman ekonomi di surat kabar tertentu
·
Berita di media massa
yang melaporkan kegiatan penghijauan yang dilaksanakan satu perusahaan
·
Berita peresmian pabrik
baru suatu perusahaan
6.
Pemasaran Langsung
(Direct Marketing0
Merupakan upaya
perusahaan untuk berkomunikasi secara langsung dengan calon pelanggan sasaran
dengan menggunakan telemarketing. Pemasaran langsung mencakup berbagai
aktivitas diantaranya mengirim surat, mengirim katalog, pengelolaan databse,
penjualan langsung, telemarketing dan iklan tanggapan langsung dengan
menggunakan berbagai saluran
komunikasi.
No comments:
Post a Comment