ads

Thursday, January 28, 2021

MATERI PKK-12-3 (28 Januari 2021) Media Promosi

 MATERI PKK-12-3 (28 Januari 2021) Media Promosi

Media Promosi

A.      Tujuan Pembelajaran

Tujuan Pembelajaran Aspek Pengetahuan

1.    Melalui kegiatan mengamati,membaca dan mengkaji literatur peserta didik dapat mengklasifikasikan jenis-jenis media promosi produk dengan baik dan benar

2.    Melalui kegiatan mengamati, menanya dan mengasosiasi peserta didik dapat memilih jenis-jenis media promosi yang sesuai dengan produk dengan tepat dan cermat

3.    Melalui kegiatan membaca dan mengasosiasikan peserta didik dapat menentukan strategi promosi berdasarkan segmentasi pasar produk dengan tepat dan benar

4.    Melalui kegiatan mengamati, menanya dan mengasosiasi peserta didik dapat menentukan media promosi yang efektif dan efisien sesuai produk dengan tepat dan cermat

Tujuan Pembelajaran Aspek Keterampilan

1.       Melalui kegiatan mengamati,menanya dan mengasosiasikan peserta didik dapat merancang desain media promosi produk dengan baik dan teliti

2.       Melalui kegiatan mengamati, menanya dan mengasosiasi  peserta didik dapat membuat media promosi yang efektif dan efisien sesuai produk dengan cermat dan baik

A.   Materi Pembelajaran

1)    Promosi

Promosi merupakan kegiatan yang dilakukan perusahaan dalam rangka mengenalkan produknya kepada konsumen agar konsumen mengetahui, mengenal, tertarik dan mau untuk membeli produk yang ditawarkan dan selanjutnya diharapakan konsumen mau dan mampu merekomendasikan kepada orang lain sehingga orang lain mau membeli produk yang ditawarkan tersebut. Menurut Wikipedia Indonesia, pengertian promosi adalah upaya untuk memberitahukan atau menawarkan produk atau jasa pada dengan tujuan menarik calon konsumen untuk membeli atau mengkonsumsinya. Dengan adanya promosi, produsen atau distributor mengharapkan kenaikannya angka penjualan. Michael Ray mendefinisikan promosi sebagai koordinasi dari seluruh upaya yang dimulai pihak penjual untuk membangun berbagai saluran informasi dan persuasi untuk menjual barang dan jasa atau memperkenalkan suatu gagasan. Sedangkan  Boone dan Kurtz mendefinisikan promosi sebagai proses menginformasikan, membujuk, dan mempengaruhi suatu keputusan pembelian

 Kegiatan promosi harus dilakukan secara terus-menerus dan berubah-ubah sesuai dengan perkembangan dan kemauan konsumen. Apalagi dengan adanya  perubahan orientasi pemasaran.  Dulu orientasi pemasaran adalah produk dimana perusahaan membuat produk lalu mencari siapa pasarnya sedangkan sekarang orientasinya adalah konsumen artinya perusahaan mencari pasarnya lalu menentukan produknya. Belum lagi dengan perkembangan teknologi yang memunculkan konektivitas digital ,  mau tidak mau harus dihadapi oleh perusahaan jika tidak ingin tertinggal atau mungkin mati secara perlahan. Perkembangan teknologi telah mengubah pola konsumen dalam memproses pengambilan keputusan untuk membeli produk. Perjalanan konsumen untuk membeli produk atau jasa ( jalur konsumen) mengalami perubahan seiring dengan perkembangan teknologi. Perubahan tersebut diantaranya :

a.         Dalam dunia yang terhubung (konektivitas digital)  daya tarik awal sebuah merek atau produk dipengaruhi oleh masyarakat atau komunitas yang ada di sekeliling konsumen baik offline maupun online.  Interaksi yang terjadi di media sosial berperan penting dalam mempengaruhi keputusan konsumen untuk membeli sebuah produk

b.        Kesetiaan seorang konsumen biasanya diwujudkan dalam bentuk pembelian ulang produk. Dalam era perkembangan teknologi dimana semua serba terhubung maka kesetiaan konsumen memiliki wujud yang lain. Tidak hanya membeli ulang tetapi mereka juga memiliki keinginan untuk mendukung suatu merek dengan  cara merekomendasikan merek atau prosuk kita kepada orang lain dimana dengan teknologi akan memberikan efek promosi produk yang cepat dan luas kepada konsumen yang baru. Tanpa diminta konsumen akan mempromosikan produk kita.

c.         Efek domino rekomendasi produk dari konsumen setia kita kepada orang lain dengan menggunakan teknologi lewat interaksi di media sosial tidak hanya mendatangkan keuntungan yang positif tetapi juga akan memberikan kerugian yang besar jika produk tidak sesuai dengan yang diharapkan. Oleh karena itu perusahaan harus konsisten dalam menjaga kuaitas produk dan layanannya.

Tujuan akhir yang harus dicapai perusahaan dari kegiatan promosi adalah dapat mempengaruhi perilaku konsumen sehingga konsumen mau membeli produk yang ditawarkan perusahaan. Jika perkembangan teknologi memberikan pengaruh kepada perilaku konsumen ,itu berarti mau tidak mau perkembangan teknologi harus dimanfaatkan oleh perusahaan dalam merancang kegiatan promosinya agar lebih tepat sasaran dan memenuhi target yang telah ditentukan.

Tujuan promosi diantaranya :

a.         Menyebarluaskan informasi suatu produk kepada calon konsumen yang potensial

b.        Mendapatkan konsumen baru dan untuk menjaga loyalitas konsumen tersebut

c.         Menaikkan penjualan serta keuntungan

d.        Membedakan produk dengan pesaing

e.        Membentuk citra produk di mata konsumen sesuai dengan yang diinginkan

f.          Merubah perilaku konsumen dan pendapat konsumen tentang produk

Berdasarkan uraian di atas dapat disimpulkan bahwa inti dari promosi adalah komunikasi yaitu proses penyampaian pesan dari perusahaan kepada konsumen dengan menggunakan media. Secara umum proses yang dilakukan adalah sebagai berikut:

1.    Iklan (advertising)

Iklan adalah proses pengiriman pesan dalam bentuk non personal tentang produk atau jasa tertentu melalui media atau saluran publik yang dibayar oleh sponsor. Maksud non personal di sini adalah iklan melibatkan media massa yang dapat mengirimkan pesan kepada sejumlah besar kelompok individu pada saat bersamaan dan tidak tersedia kesempatan untuk mendapatkan umpan balik yang segera dari penerima pesan. Media yang dapat digunakan sebagai sarana iklan yaitu:

·         Televisi

·         Radio

·         Majalah

·         Surat kabar

·         Bisokop

·         Internet

·         Outdoor Advertising

2.    Promosi Penjualan (sales promotion)

Merupakan kegiatan promosi yang didesain untuk mengakselerasi respons konsumen atau proses keputusan membeli produk dengan memberikan nilai tambah. Tujuannya adalah mendorong konsumen untuk membeli produk karena adanya promosi dengan batas waktu tertentu. Kegiatan promosi penjualan biasanya dilakukan pada tingkat retail (berhubungan langsung dengan konsumen akhir). Untuk mendorong hasrat konsumen diberikan promosi insentif diantaranya adalah:

·         Kupon

·         Sampel

·         Potongan harga dan jaminan uang kembali dengan syarat tertentu

·         Undian berhadiah

·         Permainan, kontes

3.    Hubungan Masyarakat (Public Relation)

The British Institute of Public Relations mendefinisikan humas  sebagai suatu upaya untuk  membangun dan mempertahankan saling pengertian antara organisasi dan publiknya. Sedangkan Scott Cutlip dan rekanya dalam bukunya Effective Public Relations endefinisikan humas sebagai usaha terencana untuk mempengaruhi pandangan melalui karakter yang baik serta tindakan yang bertanggungjawab, didasarkan atas komunikasi dua arah yang saling memuaskan. Publik Relation bertugas  mengelola merek perusahaan dan menjaga reputasi perusahaan agar tetap baik di mata konsumen pada masa yang akan datang. Orientasi dan aktivitas public Relation perlu disesuaikan dengan siklus hidup perusahaan yaitu startup (baru dibangun), growth (sudah berkembang), maturity (sudah mapan dan stabil) dan decline (sudah mengalami penurunan). Contoh aktivitas publikasi masyarakat diantaranya:

·         Presentasi

·         Penerangan/uraian yang ringkas

·         Eksibisi

·         sponsorship

4.    Penjualan Personal (Personal selling)

Adalah bentuk komunikasi langsung antara seorang penjual dengan calon pembelinya (person to person communication. Penjualan personal melibatkan kontak langsung antara penjual dan pembeli yang memungkinkan terjadinya umpan balik secara langsung dan lebih cepat karena dampak dari presentasi penjualan yang dilakukan dapat dinilai dari reaksi calon pembeli. Penjualan personal dapat juga ditujukan kepada calon pembeli yang dinilai paling potensial dan paling prospektif untuk menjadi pelanggan di masa depan.

5.    Publisitas (Publicity)

Merupakan kegiatan menempatkan berita mengenai seseorang, organisasi atau perusahaan  di media massa.  Tujuannya agar kegiatan yang dilakukan perusahaan  atau organisasi diberitakan oleh media massa. Ada peran serta humas di sini karena media massa mendapatkan informasi mengenai organisasi atau perusahaan tersebut dari humas. Humas biasanya mengirimkan informasi kepada media massa dalam bentuk siaran pers, suatu cerita yang dilengkapi foto yang dilengkapi dengan informasi lengkap mengenai perusahaan. Publikasi sifatnya satu arah sedangkan hubungan masyarakat sifatnya dua arah. Berikut contoh publikasi :

·         Berita mengenai peningkatan laba suatu perusahaan pada halaman ekonomi di surat kabar tertentu

·         Berita di media massa yang melaporkan kegiatan penghijauan yang dilaksanakan satu perusahaan

·         Berita peresmian pabrik baru suatu perusahaan

6.    Pemasaran Langsung (Direct Marketing0

Merupakan upaya perusahaan untuk berkomunikasi secara langsung dengan calon pelanggan sasaran dengan menggunakan telemarketing. Pemasaran langsung mencakup berbagai aktivitas diantaranya mengirim surat, mengirim katalog, pengelolaan databse, penjualan langsung, telemarketing dan iklan tanggapan langsung dengan menggunakan berbagai   saluran komunikasi.


No comments:

Post a Comment